Perkembangan Kesiapan Belajar

 Perkembangan Kognitif

Rekan Guru,


Perkembangan otak dan bertambahnya usia merupakan proses alamiah setiap manusia. Tuntutan akan bertambahnya kemampuan setiap individu untuk beradaptasi dan berinteraksi memerlukan perkembangan kognitif. Selama ini perkembangan kognitif dikenal sebagai kemampuan-kemampuan yang dapat diukur.


Output dari kerja otak disebut sebagai proses neurobiologis yang merupakan potensi untuk terbentuknya kemampuan, hal tersebut belum banyak diketahui dan dianggap tidak relevan untuk menjadi pembahasan di bidang pendidikan karena kecenderungan pendekatan medis. Perkembangan teknologi medis di bidang radiodiagnostik mengembangkan konsep pendekatan neurosains pada akhir abad 20, banyak memberikan masukkan tentang proses perkembangan otak berkaitan dengan kerja otak untuk kognitif dan kecerdasan sehingga bermanfaat bagi bidang pendidikan. Pembahasan dengan pendekatan neurosains yang merupakan kecerdasan terapan menjelaskan bahwa potensi dari proses kerja otak lebih penting daripada kompetensi atau kecerdasan itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi tampilnya kemampuan yang disebut sebagai kompetensi tersebut, seperti nutrisi, oksigen, stimulus atau perbedaan dan penurunan fungsi yang disebabkan penyakit turunan atau penyakit yang didapatkan selama masa kehidupan.


Proses perkembangan kognitif merupakan aktivitas continuum perkembangan otak, sehingga saat terjadi gangguan proses kognitif perlu ditinjau kembali proses perkembangan yang sebelumnya. Perkembangan kognitif awal dimulai dari perkembangan bahasa pada kemampuan komunikasi.


Secara umum komunikasi adalah suatu proses aktif pengiriman, penerimaan dan input balik informasi dari pengirim (sender) komunikator ke penerima atau (receiver). Penerima pesan yang menerima pesan tersebut harus mampu mengidentifikasi isi pesan dan menyampaikan umpan balik sebagai respon sesuai dengan aturan yang disepakati dan berlaku. Salah satu saluran yang digunakan dalam komunikasi adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun verbal.



No comments

Powered by Blogger.