Implementasi Profil Riwayat Perkembangan Anak
Setelah kita memahami penyusunan aktivitas POA dalam program pembelajaran, selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana implementasinya.
Profil kematangan perkembangan otak anak akan membantu pemilahan dan penyusunan aktivitas untuk diselenggarakan di kelas. Stimulus perkembangan kognitif pada anak, dengan tema/subtema menjadi panduan alokasi waktu dalam proses pembelajaran.
Rasio jumlah anak dalam satu rombongan belajar dengan perkembangan otak yang sesuai (reguler) terhadap rasio anak dengan kelambatan atau hambatan akan mempengaruhi jenis aktivitas dan komposisi rangkaian aktivitas kelas. Anak reguler bisa mendapat aktivitas sama dengan yang ada kelambatan atau hambatan, kombinasi kegiatan ini memperkuat kemampuan perkembangan fungsi otaknya. Anak dengan hambatan sebaiknya diarahkan untuk mendapat penambahan jumlah pengulangan (repetisi) kegiatan di rumah untuk mengejar kemampuan perkembangan fungsi otak di usianya.
Pada dokumen penunjang modul 2, terdapat rangkaian kegiatan yang dapat diberikan dari sekolah untuk di lakukan di rumah akan mengacu pada profil dan usia kronologis anak agar materi Rencana Pembelajaran sesuai silabus dapat tetap bergulir, sehubungan kelas akan terisi dengan anak dari berbagai tingkatan kematangan kerja otak. Tabel di bawah akan membantu memberi usulan kegiatan:
Aktivitas
Rangkaian aktivitas dalam rumpun pematangan fungsi otak bisa dibagi untuk memudahkan pemilihan penggunaan stimulasi sebagai berikut:
Leave a Comment