Implementasi Profil Riwayat Perkembangan Anak

 Nilai Agama dan Moral

Perhatikan gambar dibawah ini:



Kematangan setiap komponen aspek perkembangan akan menjadi bahan baku untuk kemunculan aspek nilai agama dan moral.


Perhatikan Tabel Berikut:




Puncak perkembangan anak usia dini berada pada nilai agama dan moral yang didukung dengan kematangan gerak, bahasa, sosial emosi dan kognitif. Pada nilai agama dapat dilihat pada aspek gerak yaitu sikap / perilaku religi seperti sholat atau berdoa dengan kendali gerak. Kemudian, pada nilai agama dengan aspek bahasa yaitu hafalan - artikulasi. Nilai agama dengan aspek sosial emosi yaitu waktu ibadah - length of pray. Pada nilai agama dengan aspek kognitif yaitu hafalan urutan ibadah dan hafalan materi.


Keterkaitan antara nilai moral dengan gerak terlihat dari attitude-tatakrama-spatial. Nilai moral dengan bahasa dapat dilihat dari kalimat kesantunan seperti penggunaan kata permisi, maaf, dan tolong. Sosial emosi dan nilai moral dapat dilihat dari kemampuan mengantri dan etika ketika berada di meja makan. Terakhir, nilai moral dan kognitif keterikatannya dapat dilihat dari hirarki keluarga (silsilah keluarga)  dan hirarki sosial.


Target Perkembangan Pendidikan Menuju Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Kemampuan fungsi otak untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada AUD dapat dijelaskan sebagai berikut:




No comments

Powered by Blogger.