Implementasi Profil Perkembangan Otak Anak pada Kegiatan Parenting
Kemampuan Baca-Tulis-Hitung
Anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan di rumah dan di sekolah, termasuk tumbuh kembang fungsi otak yang perlu menjadi perhatian bersama antara guru di sekolah dan orang tua (keluarga) di rumah. Profil perkembangan otak anak perlu dibaca dan dipahami dengan kesamaan persepsi antara guru dan orang tua. Selama ini orang tua lebih banyak menggunakan kemampuan baca, tulis dan hitung sebagai ukuran kemampuan anak untuk persiapan belajar ke usia sekolah dasar.
Hal ini wajar memperhatikan kebutuhan dasar kemampuan belajar mewajibkan proses belajar dengan menggunakan buku dan pengolahan dengan menulis. Kemampuan baca, tulis, hitung akan tercapai jika anak mendapat kesempatan pematangan yang berkesinambungan dalam urutan integrasi sistem sarafnya. Proses belajar ini semuanya terhubung dalam beberapa cara untuk kontrol gerakan.
Misalnya kemampuan membaca anak, pada awalnya tergantung pada kemampuan anak menggerakan mata. Mata harus bergerak stabil. Sementara kemampuan menulis melibatkan koordinasi antara tangan dan mata. Dan kemampuan menyalin membutuhkan penyesuaian antara posisi kepala dan jarak fokus. Masing-masing kegiatan ini bisa menyentuh keterampilan motorik dan kemampuan postural (postur tubuh) yang berbeda. Untuk membaca dalam segitiga belajar tampil pada tingkat perceptual motor yang berarti kemampuan koordinasi mata dalam ruang rentang simbol dan bergerak sesuai rangkaian huruf menjadi kata dan kemudian kalimat.
Kemampuan mata bergerak tanpa kesulitan urutan baris yang koordinatif dengan memori pada identifikasi simbol dan objek akan menghasilkan kemampuan baca non verbal. Dipadu dengan artikulasi pada kemampuan kendali otot wajah - leher, pada tingkat kedua sensorimotor di segitiga belajar akan menghasilkan kemampuan baca verbal. Menulis adalah kemampuan integrasi antara motorik kasar dan halus yang tidak diganggu oleh kehadiran refleks yang masih aktif pada bagian tengkuk, bahu, lengan dan telapak tangan. Menghitung merupakan kerja otak yang memerlukan dasar keteraturan untuk mengembangkan keterampilan memilih - memilah - menyusun. Awal hitung bermula dari keteraturan hidup bayi hingga usia 2-3 tahun.
Leave a Comment