Mendongeng Dalam Tema Pembelajaran
Strategi pembelajaran dengan menggunakan metode dongeng pada program satuan di PAUD merupakan salah satu metode yang efektif untuk mendidik anak usia dini. Tujuannya untuk merangsang kemampuan anak berimajinasi, suka menyimak, mendengarkan, memperhatikan lawan bicaranya, dan bisa menumbuh budaya baca pada anak. Sebuah dongeng dapat merangkum berbagai fungsi, yaitu sebagai media penyampai pesan dan nilai, penambah pengetahuan dan pengalaman batin, serta membantu proses identifikasi diri dan perilaku anak.
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui metode mendongeng dapat dilakukan sekali dalam seminggu dengan waktu tersendiri, artinya terpisah dari kegiatan bermain inti yang ada di sentra-sentra atau kelompok kegiatan dan lama mendongeng yang disediakan dari setiap pertemuan paling lama 30 menit disesuaikan dengan karakteristik usia dan jumlah peserta didik.
Perencanaan Kegiatan Mendongeng
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran melaluiperencanaan-removebg-preview.png metode dongeng, anak atau peserta didik diharapkan aktif dan kreatif sedangkan peran pendidik adalah sebagai fasilitator, observator, motivator, dan evaluator. Artinya pendidik berperan memberikan dukungan dan bimbingan mulai dari penataan lingkungan (sebelum, selama, dan sesudah pembelajaran mendongeng) sampai pelaksanaan dan evaluasi hasil mendongeng yang dapat dicapai anak. Untuk mencapai kegiatan belajar anak melalui metode mendongeng agar efektif dan sesuai dengan indikator kemampuan anak, pendidik hendaknya menyusun rencana kegiatan dengan strategi mendongeng yang terdapat pada modul 2 dan dapat dipraktikkan ke dalam tahapan berikut:
a. Persiapan kegiatan
Menelaah program pembelajaran yaitu mempelajari dan menganalisis kemampuan yang akan dicapai (tujuan), isi dongeng, dan media dongeng yang harus disiapkan serta cara evaluasi yang akan dilakukan.
Menyusun agenda atau rencana kegiatan mendongeng mingguan. Agenda ini sebagai panduan pelaksanaan mendongeng yang akan dilaksanakan pada setiap minggu pembelajaran. Isinya mencakup tentang rencana tema atau sub-tema, aspek pengembangan dan indikator yang diharapkan dapat dicapai oleh anak, judul dan deskripsi isi dongeng, pesan moral, kegiatan lanjutan, tempat, dan media yang digunakan.
Menyusun rencana kegiatan mingguan (RKM) Sebagai gambaran dari agenda kegiatan mendongeng mingguan di satuan PAUD sesuai yang direncanakan.
Menyusun rencana kegiatan harian (RKH) sebagai penjelasan detail rencana pembelajaran yang akan diselenggarakan pada setiap harinya yang berfungsi sebagai skenario pembelajaran harian. Contoh format RKM & RKH mendongeng terdapat pada lampiran 3 dan 4.
b.Menyiapkan media dongeng yang akan digunakan (jika diperlukan).
Media yang digunakan dalam mendongeng merupakan perlengkapan yang penting dan dapat mempermudah pendongeng untuk mengekspresikan para tokoh-tokoh yang ada dalam cerita dimaksud.
Leave a Comment