Hakekat Matematika


1.    Hakekat Belajar Matematika
•    Merupakan suatu interaksi artinya saling memppengaruhi
•    Berarti berbuat, mendapatkan bukti atau ada hasilnya
•    Bearti mengalami, adanya emosi atau perasaan
•    Memerlukan motivasi, butuh dorngan dan usaha
•    Memerlukan kesiapan, harus bersiap-siap
•    Memerlukan daya pikir
•    Perlu latihan, supaya setiap materi dapat dikuasai
2.    Hakekat Matematika
A.    Sebagai ilmu induktif (tidak dibentuk dengan contoh)
Misal, 2 bilangan ganjil asli = billangan genap
BUKTI misalkan a, b  € B
2a + 1= bilangan ganjil
2b + 1= bilangan ganjil
2a+ 2b+ 2 atau sma dengan 2(a+b+1)
BUKTIKAN
Jika a,b bilangan ganjil 5 dan 3
2(5+3+1)= 18
Jika a.b bilangan genap 6 dan 8
2(6+8+1)= 30
Jadi terbukti bahwa matematika tidak dibentuk dengan contoh melaikan dengan pembuktian.
B.    Matematika sebagai bilangan simbol (lambang)
Menggunakan lambang yang sederhana, penuh makna, dan universal
C.    Sebagai pelajaran
Tidak ada kehidupan yang lepas dari matematika
D.    Sebagai pola dan hubungan
Matematika dibentuk dari unsur yangtidak didefinisikan ke unsur yang didefinisikan  melahirkan aturan contohnya: aoxima (harus ditunjukan), rumus(harus diturunkan), dalil (butuh bukti)
E.    Sebagai seni
Karena konsep matematika keterpaduan, keteraturan diperhatikan
F.    Berpikir indukti, deduktif
Induktif cara berpikir mengambil kesimpulan berdasarkan contoh-contoh atau tampilan
Deduktif mengambil kesimpulan dari umunya
Contoh berpikir induktif saat melihat segi empat, ada persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang-layang, jajargenjang dapat dibedakan saat melihatnya saja gamabar
Contoh berpikir deduktif hanya dari keumumannya saja sisinya ada 4, sisi yang bersebelahan kongruen

No comments

Powered by Blogger.