Kerangka RPP UAS PBSI Kelas Rendah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN…….
Kelas/ Semester : I/ Satu
Tema/Topik : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Subtema : Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : Satu
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompentensi
|
Bahasa Indonesia
|
Mengenal
teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan keseha-tan
dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman de-ngan bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk
membantu pemahaman
|
-
Mampu menjelaskan
dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
-
Mamapu
menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
-
Mampu menyimak
dan menceritakan kembali pendapat teman
|
Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
||
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati gambar, siswa dapat membedakan keadaan rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan keadaan rumahnya.
Setelah menyimak cerita temannya, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarnya.
D. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Menceritakan tentang Kebersihan Rumah
E. METODE DAN PENDEKATAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
·
Guru memberi salam pada awal
pembelajaran
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
siap belajar.
·
Siswa diajak berdoa bersama
dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·
Guru melakukan presensi dan menanyakan kabar kepada siswa.
·
Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan
pembelajaran yang sudah dipelajari.
|
5 menit
|
INTI
|
·
Siswa mendengarkan guru membuka
pelajaran dengan menanyakan kegiatan pagi siswa. Siswa menjelaskan apa saja
yang dilakukannya pada pagi hari. (Mengamati)
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
(Menanya)
·
Siswa menyimak, guru mengarahkan
diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang tua
merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri. (Mengamati)
·
Siswa memperhatikan guru
menunjukkan dua gambar pada buku siswa. (Mengamati)
·
Siswa membandingkan dua gambar.
Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan berikut: mana yang lebih indah? Mana yang
lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita?
(Mengasosiasi)
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi. (Mengamati)
·
Siswa berdiskusi tentang
bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru.
(Mengekplorasi)
·
Siswa berpasangan sesuai arahan
guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah rumahnya
bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
·
Siswa bergantian mendengarkan
pendapat temannya.
·
Siswa menceritakan keadaan rumah
pasangannya.
|
25 menit
|
PENUTUP
|
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar yang
telah dipelajari.
·
Melakukan penilaian hasil belajar berupa evaluasi tertulis.
·
Guru memberikan tugas sebagai tindak lanjut.
·
Mengajak semua siswa berdo’a dipimpin oleh salah satu
siswa.
|
5 menit
|
G. KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
- Jujur
- Tanggung Jawab
- Disiplin
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Siswa Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Gambar keadaan rumah yang bersih dan rapi serta yang tidak bersih dan tidak rapi
I. PENILAIAN/ EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
Rubrik Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran tentang Keadaan Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan
mendeskripsikan keadaan
rumahnya
|
Memenuhi
empat aspek (kalimatnya runtut, deskripsi detail, lancar, dan percaya diri)
|
Memenuhi tiga dari empat aspek
|
Memenuhi dua dari empat aspek
|
Memenuhi satu dari empat aspek
|
2
|
Kemampuan menceritakan keadaan rumah teman
|
Seluruhnya sesuai isi cerita, struktur kalimat benar
dan runtut
|
Seluruhnya sesuai isi cerita, tapi struktur kalimat
perlu diperbaiki
|
Sebagian tidak sesuai isi cerita dan struktur kalimat perlu diperbaiki
|
Tidak sesuai, dan belum mampu menyusun kalimat dengan
struktur yang benar
|
Mengetahui, Tasikmalaya, 15 Mei 2019
Kepala Sekolah, Penyusun,
.............................................. Roebi Abdoeloh
Leave a Comment