Kerangka RPP UAS PBSI Kelas Rendah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan        : SDN…….
Kelas/ Semester        : I/ Satu
Tema/Topik        : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Subtema            : Lingkungan Rumahku
Pembelajaran        : Satu
Alokasi Waktu        : 1 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompentensi
Bahasa Indonesia
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan keseha-tan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman de-ngan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk membantu pemahaman

-       Mampu menjelaskan dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
-       Mamapu menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
-       Mampu menyimak dan menceritakan kembali pendapat teman


Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian





C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah mengamati gambar, siswa dapat membedakan keadaan rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan keadaan rumahnya.
    Setelah menyimak cerita temannya, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarnya.

D.    MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Menceritakan tentang Kebersihan Rumah

E.    METODE DAN PENDEKATAN
Pendekatan    :     Saintifik
Metode        :    Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN
·            Guru memberi salam pada awal pembelajaran
·            Guru mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
·            Siswa diajak berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·            Guru melakukan  presensi dan  menanyakan kabar kepada siswa.
·            Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang sudah dipelajari.
5 menit
INTI
·         Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menanyakan kegiatan pagi siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari. (Mengamati)
·         Siswa menjawab pertanyaan guru. (Menanya)
·         Siswa menyimak, guru mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri. (Mengamati)
·         Siswa memperhatikan guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa. (Mengamati)
·         Siswa membandingkan dua gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan  berikut: mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita? (Mengasosiasi)
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi. (Mengamati)
·         Siswa berdiskusi tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
·         Siswa berpasangan sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
·         Siswa bergantian mendengarkan pendapat temannya.
·         Siswa menceritakan keadaan rumah pasangannya.
25 menit
PENUTUP
·             Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar yang telah dipelajari.
·             Melakukan penilaian hasil belajar berupa evaluasi tertulis.
·             Guru memberikan tugas sebagai tindak lanjut.
·             Mengajak semua siswa berdo’a dipimpin oleh salah satu siswa.
5 menit

G.    KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin

H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
-    Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
-    Buku Siswa Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
-    Gambar keadaan rumah yang bersih dan rapi serta yang tidak bersih dan tidak rapi

I.    PENILAIAN/ EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan













Keterangan:
BT     : Belum Terlihat
MT    :    Mulai Terlihat
MB    :    Mulai Berkembang
SM    :    Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
Rubrik Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran tentang Keadaan Rumah

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Kemampuan mendeskripsikan keadaan rumahnya
Memenuhi empat aspek (kalimatnya runtut, deskripsi detail, lancar, dan percaya diri)
Memenuhi tiga dari empat aspek
Memenuhi dua dari empat aspek
Memenuhi satu dari empat aspek
2
Kemampuan menceritakan keadaan rumah teman
Seluruhnya sesuai isi cerita, struktur kalimat benar dan runtut
Seluruhnya sesuai isi cerita, tapi struktur kalimat perlu diperbaiki
Sebagian tidak sesuai isi cerita dan struktur kalimat perlu diperbaiki
Tidak sesuai, dan belum mampu menyusun kalimat dengan struktur yang benar

Mengetahui,                                 Tasikmalaya, 15 Mei 2019
          Kepala Sekolah,                     Penyusun,





..............................................                       Roebi Abdoeloh

No comments

Powered by Blogger.