Kerangka RPP Kelas 1 SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Kegemaranku
Subtema 1 : Gemar Membaca
Pembelajaran : III
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (1 x 60 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli , danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakn yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilku anak bermain dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
C. Indikator
3.1.3 Menunjukkan gambar cara duduk yang baik dan benar, cara memegang buku atau objek bacaan yang baik dan benar, cara membalik halaman buku yang baik dan benar, jarak pandang mata pada objek bacaan yang baik dan benar, dan contoh lingkungan yang baik saat membaca.
4.1.3 Mendemonstrasikan cara duduk yang baik dan benar, cara memegang buku atau objek bacaan yang baik dan benar, cara membalik halaman buku yang baik dan benar, contoh jarak pandang mata pada objek bacaan yang baik dan benar, dan contoh lingkungan yang baik saat membaca.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui mengamati contoh persiapan membaca permulaan, siswa dapat mengetahui dan mempraktikkan cara memegang buku atau objek bacaan yang baik dan benar.
2. Melalui mengamati contoh persiapan membaca permulaan, siswa dapat mengetahui dan mempraktikkan cara duduk yang baik dan benar.
3. Melalui mengamati contoh persiapan membaca permulaan, siswa dapat mengetahui dan mempraktikkan cara membalik halaman buku yang baik dan benar.
4. Melalui mengamati contoh persiapan membaca permulaan, siswa dapat mengetahui dan mempraktikkan jarak pandang antara mata pada objek bacaan.
5. Melalui mengamati contoh persiapan membaca permulaan, siswa dapat mengetahui dan menyebutkan contoh lingkungan yang baik saat membaca.
E. Karakter Siswa
1. Disiplin
2. Gemar membaca
3. Rasa ingin tahu
4. Mandiri
F. Materi Pembelajaran
1. Mengamati gambar persiapan membaca permulaan
2. Siswa mempraktikkan cara membaca yang baik dan benar
G. Metode pembelajaran
1. Pendekatan : Whole Language
2. Metode : Tanya jawab, diskusi, penugasan, dan demonstrasi
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka pelajaran dengan
memberi salam ketika memasuki kelas dan mengajak siswa untuk berdo’a sebelum
pelajaran dimulai.
-
Guru mengkondisikan siswa dengan
mengecek kehadiran siswa, menyiapkan alat tulis, menyiapkan posisi duduk yang
benar sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan benar
-
Guru menyampaikan bahwa hari ini
mereka akan belajar tentang “Gemar Membaca”. Siswa mendengarkan penjelasan dari
guru tentang tahapan kegiatan yang akan dilakukan menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti.
|
10 Menit
|
Inti
|
-
Guru menunjukkan gambar cara duduk yang baik dan benar, cara memegang buku atau objek bacaan yang
baik dan benar, cara membalik halaman buku yang baik dan benar, contoh jarak
pandang mata pada objek bacaan yang baik dan benar, dan contoh lingkungan
yang baik saat membaca.
-
Guru mendemonstrasikan cara duduk yang baik dan benar, cara memegang buku atau objek bacaan yang baik dan benar,
cara membalik halaman buku yang baik dan benar, contoh jarak pandang mata
pada objek bacaan yang baik dan benar, dan contoh lingkungan yang baik saat
membaca.
-
Siswa ikut mempraktikkan cara duduk yang baik dan benar, cara memegang
buku atau objek bacaan yang baik dan
benar, cara membalik halaman buku yang baik dan benar, contoh jarak pandang
mata pada objek bacaan yang baik dan benar, dan contoh lingkungan yang baik
saat membaca.
|
35 menit
|
Penutup
|
-
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
hasil pembelajaran.
-
Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari.
-
Melakukan penilaian hasil belajar.
-
Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15 menit
|
I. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Siswa Tema : Tema Kegemaranku kelas 1
Buku Tulis Siswa
Gambar gambar persiapan membaca permulaan
J. Evaluasi
Prosedur : Evaluasi Proses dan Akhir
Bentuk : Evaluasi proses dengan non tes selama kegiatan berlangsung
Evaluasi akhir dengan tes
Jenis : Evaluasi proses dengan perbuatan/kinerja
Evaluasi akhir dengan lisan dan tulisan
Alat : Evaluasi pross dengan rubrik
Evaluasi akhir dengan soal
Kriteria : Nilai Akhir = (A+B)/2
Keterangan : A : Nilai Penampilan Pengenalan Diri
B : Nilai Soal
Evaluasi Proses
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian Sikap dilakukan dengan cara observasi selama kegiatan berlangsung
Buku Siswa Tema : Tema Kegemaranku kelas 1
Buku Tulis Siswa
Gambar gambar persiapan membaca permulaan
J. Evaluasi
Prosedur : Evaluasi Proses dan Akhir
Bentuk : Evaluasi proses dengan non tes selama kegiatan berlangsung
Evaluasi akhir dengan tes
Jenis : Evaluasi proses dengan perbuatan/kinerja
Evaluasi akhir dengan lisan dan tulisan
Alat : Evaluasi pross dengan rubrik
Evaluasi akhir dengan soal
Kriteria : Nilai Akhir = (A+B)/2
Keterangan : A : Nilai Penampilan Pengenalan Diri
B : Nilai Soal
Evaluasi Proses
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian Sikap dilakukan dengan cara observasi selama kegiatan berlangsung
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
||||||||||||||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya diri
|
|||||||||||||||
|
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
2. Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Penilaian Pengetahuan dilakukan berdasarkan keaktifan dan hasil tes tulis
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengetahuan Yang Dinilai
|
|||||||||||
Menyampaikan pendapat
|
Bertanya
|
Menjawab pertanyaan
|
|||||||||||
|
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
KETERANGAN
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
3. Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Kriteria
|
Baik sekali
(86-100)
|
Baik
(71-85)
|
Cukup
(61-70)
|
Kurang
(< 60)
|
Kemampuan mengenal huruf
|
Siswa mampu memenuhi semua
kriteria dengan sangat baik. Kriterianya yaitu: cara
duduk yang baik dan benar, cara memegang buku atau objek bacaan yang baik dan
benar, cara membalik halaman buku yang baik
dan benar, menyebutkan jarak pandang mata pada objek bacaan yang baik dan
benar, dan menyebutkan contoh
lingkungan yang baik saat membaca.
|
Siswa mampu memenuhi setengah atau lebih kriteria dengan sangat
baik.
|
Siswa mampu memenuhi 30-50% kriteria
dengan baik.
|
Siswa belum mampu memenuhi kriteria yang ada.
|
Evaluasi Akhir
Tes
lisan dan tulisan
Lembar Evaluasi Akhir
Nama :
Kelas :
Sebutkan hal apa saja yang perlu
diperhatikan saat membaca dengan baik dan benar!
Tasikmalaya 14 Mei
2019
Mengetahui
Dosen Pengampu,
NIP.
|
Guru Kelas,
NIP.
|
Leave a Comment