Kerangka RPP Kelas 1 SD Tema DIRIKU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan        : SDN 1 Percobaan
Kelas/ Semester        : I/ Satu
Tema/Topik        : Diriku (tema 1)
Subtema            : Aku Merawat Tubuhku (subtema 3)
Pembelajaran        : Satu
Alokasi Waktu        : 1 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenal kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
    Menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis.
    Mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis.
    Mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.
    Mendemostrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui pengamatan terhadap contoh , siswa dapat menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis dengan benar.
    Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis dengan tepat
    Melalui pengamatan terhadap contoh, siswa dapat mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.
    Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.

E.    MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Cara duduk dan memegang pensil pada menulis permulaan.

F.    METODE
1.    Ceramah
2.    Demonstrasi
3.    Permainan
4.    Pemberian tugas

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN

·            Guru memberi salam pada awal pembelajaran.
·            Guru mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
·            Siswa diajak berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·            Guru melakukan presensi dan menanyakan kabar kepada siswa.
·            Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang sudah dipelajari.
·            Memberi motivasi agar siswa semangat saat pembelajaran berlangsung.
·            Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
5 menit
INTI

·            Siswa bersama guru mengamati gambar posisi duduk yang tepat saat menulis.
·            Siswa memperhatikan guru yang memperagakan posisi duduk yang tepat saat menulis.
·            Siswa diminta melakukan gerakan posisi duduk yang tepat saat akan menulis.
·           Guru memberikan aba-aba, satu (duduk), dua (tegakkan punggung), tiga (letakkan tangan di atas meja).
·           Siswa melakukan berulang kali hingga benar-benar terbiasa.
·           Guru mengajak siswa bermain “Duduk Siap” dengan cara sebagai berikut:
Ø  Siswa duduk berpasangan.
Ø  Salah satu siswa akan memperagakan posisi duduk yang tepat saat menulis.
Ø  Siswa lain mengamati, apakah sudah benar posisi yang diperagakan oleh temannya.
Ø  Lakukan secara bergantian dengan siswa sebelahnya.
·           Sambil bermain, siswa dapat melakukan penilaian sikap duduk teman-temannya.
·           Siswa dapat memberikan masukan pada teman-teman yang posisi duduknya masih perlu disesuaikan.
·           Setelah itu, masih dalam posisi duduk yang tepat, siswa mengamati cara memegang pensil dengan benar dan siap melakukan kegiatan menulis.
·           Siswa mendemonstrasikan cara memegang pensil dengan benar.
·           Siswa mengamati contoh cara membuat bentuk lingkaran.
·           Siswa mendemonstrasikan cara  membuat bentuk lingkaran di udara.
·           Siswa menjiplak bentuk lingkaran pada LKS.
·           Guru mengingatkan siswa cara memegang pensil dengan cara yang benar dan tetap dengan posisi duduk yang tepat.
·           Guru mengamati kegiatan siswa.
20 menit
PENUTUP
·             Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar yang telah dipelajari.
·             Melakukan penilaian hasil belajar berupa evaluasi tertulis.
·             Guru memberikan tugas sebagai tindak lanjut.
·             Mengajak semua siswa berdo’a dipimpin oleh salah satu siswa.
10 menit

H.    SARANA PEMBELAJARAN
1.    Alat Pembelajaran        : Kartu bergambar.
2.    Media Pembelajaran        : Gambar posisi duduk dan cara memegang pensil yang tepat saat menulis.
3.    Sumber Pembelajaran    :
    Hendrifiana, Yusfina dkk. 2016. Diriku : Buku Guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Hendrifiana, Yusfina dkk. 2016. Diriku : Buku Siswa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

I.    PENILAIAN/ EVALUASI PEMBELAJARAN
1.    Prosedur    : Penilaian proses dan akhir
2.    Bentuk    : Penilaian proses dengan non tes  (observasi), penilaian akhir dengan tes.
3.    Jenis        : Penilaian proses dengan observasi perbuatan, penilaian akhir dengan tes tulis
4.    Alat        : Penilaian proses dengan lembar observasi menjiplak bentuk lingkaran (Alat terlampir), penilaian akhir dengan tes tulis membuat bentuk lingkaran, menentukan cara duduk dan memegang pensil yang baik (Alat terlampir)
5.    Kunci Jawaban (Terlampir)
6.    Kriteria Penilaian (Terlampir)








    Mengetahui,                                 Tasikmalaya, 15 Mei 2019
          Kepala Sekolah,                     Penyusun,





..............................................                       Kelompok 4

No comments

Powered by Blogger.