Kerangka RPP Kelas 1 SD Tema DIRIKU
Satuan Pendidikan : SDN 1 Percobaan
Kelas/ Semester : I/ Satu
Tema/Topik : Diriku (tema 1)
Subtema : Aku Merawat Tubuhku (subtema 3)
Pembelajaran : Satu
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenal kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
Menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis.
Mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis.
Mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.
Mendemostrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pengamatan terhadap contoh , siswa dapat menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis dengan benar.
Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis dengan tepat
Melalui pengamatan terhadap contoh, siswa dapat mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.
Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.
E. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Cara duduk dan memegang pensil pada menulis permulaan.
F. METODE
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Permainan
4. Pemberian tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kelas/ Semester : I/ Satu
Tema/Topik : Diriku (tema 1)
Subtema : Aku Merawat Tubuhku (subtema 3)
Pembelajaran : Satu
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenal kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
Menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis.
Mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis.
Mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.
Mendemostrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pengamatan terhadap contoh , siswa dapat menunjukkan gambar cara duduk yang baik pada saat menulis dengan benar.
Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk yang baik pada saat menulis dengan tepat
Melalui pengamatan terhadap contoh, siswa dapat mengamati model/ gambar cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.
Melalui penerapan terhadap contoh, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang pensil yang baik pada saat menulis dengan benar.
E. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Cara duduk dan memegang pensil pada menulis permulaan.
F. METODE
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Permainan
4. Pemberian tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
·
Guru
memberi salam pada awal pembelajaran.
·
Guru
mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
·
Siswa
diajak berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·
Guru
melakukan presensi dan menanyakan kabar kepada siswa.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang sudah dipelajari.
·
Memberi motivasi agar siswa
semangat saat pembelajaran berlangsung.
·
Guru
menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
|
5 menit
|
INTI
|
·
Siswa
bersama guru mengamati gambar posisi duduk yang tepat saat menulis.
·
Siswa
memperhatikan guru yang memperagakan posisi duduk yang tepat saat menulis.
·
Siswa
diminta melakukan gerakan posisi duduk yang tepat saat akan menulis.
·
Guru
memberikan aba-aba, satu (duduk), dua (tegakkan punggung), tiga (letakkan
tangan di atas meja).
·
Siswa
melakukan berulang kali hingga benar-benar terbiasa.
·
Guru
mengajak siswa bermain “Duduk Siap” dengan cara sebagai berikut:
Ø Siswa duduk
berpasangan.
Ø Salah satu siswa akan
memperagakan posisi duduk yang tepat saat menulis.
Ø Siswa lain mengamati,
apakah sudah benar posisi yang diperagakan oleh temannya.
Ø Lakukan secara
bergantian dengan siswa sebelahnya.
·
Sambil
bermain, siswa dapat melakukan penilaian sikap duduk teman-temannya.
·
Siswa
dapat memberikan masukan pada teman-teman yang posisi duduknya masih perlu
disesuaikan.
·
Setelah
itu, masih dalam posisi duduk yang tepat, siswa mengamati cara memegang
pensil dengan benar dan siap melakukan kegiatan menulis.
·
Siswa
mendemonstrasikan cara memegang pensil dengan benar.
·
Siswa
mengamati contoh cara membuat bentuk lingkaran.
·
Siswa
mendemonstrasikan cara membuat bentuk
lingkaran di udara.
·
Siswa
menjiplak bentuk lingkaran pada LKS.
·
Guru
mengingatkan siswa cara memegang pensil dengan cara yang benar dan tetap
dengan posisi duduk yang tepat.
·
Guru
mengamati kegiatan siswa.
|
20 menit
|
PENUTUP
|
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar yang
telah dipelajari.
·
Melakukan penilaian hasil belajar berupa evaluasi tertulis.
·
Guru memberikan tugas sebagai tindak lanjut.
·
Mengajak semua siswa berdo’a dipimpin oleh salah satu
siswa.
|
10 menit
|
H. SARANA PEMBELAJARAN
1. Alat Pembelajaran : Kartu bergambar.
2. Media Pembelajaran : Gambar posisi duduk dan cara memegang pensil yang tepat saat menulis.
3. Sumber Pembelajaran :
Hendrifiana, Yusfina dkk. 2016. Diriku : Buku Guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hendrifiana, Yusfina dkk. 2016. Diriku : Buku Siswa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
I. PENILAIAN/ EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Prosedur : Penilaian proses dan akhir
2. Bentuk : Penilaian proses dengan non tes (observasi), penilaian akhir dengan tes.
3. Jenis : Penilaian proses dengan observasi perbuatan, penilaian akhir dengan tes tulis
4. Alat : Penilaian proses dengan lembar observasi menjiplak bentuk lingkaran (Alat terlampir), penilaian akhir dengan tes tulis membuat bentuk lingkaran, menentukan cara duduk dan memegang pensil yang baik (Alat terlampir)
5. Kunci Jawaban (Terlampir)
6. Kriteria Penilaian (Terlampir)
Mengetahui, Tasikmalaya, 15 Mei 2019
Kepala Sekolah, Penyusun,
.............................................. Kelompok 4
Leave a Comment